Kritisi Pol PP dalam Masyarakat

Pembentukan Satuan Polisi Pamong Praja sebagai organisasi pemerintah daerah yang bertugas untuk menegakkan peraturan daerah dan menyelenggarakan ketertiban umum. Seiring dengan berlakunya sistem desentralisasi kehadiran Satpol PP mengalami pro dan kontra didalam masyarakat. Banyak kasus yang terjadi sehingga eksistensi Satpol PP dipertanyakan dan pada akhirnya peran dan fungsi Satpol PP tidak optimal.

Satuan Polisi Pamong Praja, disingkat Satpol PP, adalah perangkat Pemerintah Daerah yang bertugas untuk memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Satpol PP dipimpin oleh Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati/Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Nah dari fungsi atau tugas satpol pp dapat dilihat kalau mereka bertanggung jawab terhadap ketentraman dan ketertiban umum untuk menegakkan peraturan daerah. Itu yang membedakan mereka dengan polisi yang bertugas menjaga ketertiban dan keamanan umum. Kenyataannya, mereka seperti diberi “hak” seperti polisi. Dilengkapi dengan pentungan dan tameng hehehe. Belum sikap mereka yang “arogan” dalam melakukan penggusuran e. Sehingga kadang “tugas” mereka untuk menjaga ketentraman malah menimbulkan image “menimbulkan ketidaktentraman” terutama bagi masyarakat kecil.

Diharapkan tugas perlindungan masyarakat dan tugas-tugas lain yang dibebankan kepada Satpol PP yang akan diatur dengan sebuah Perda ini dapat agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

Satpol PP harus menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan Perda dan membantu pengamanan bagi para pejabat maupun seluruh lapisan masyarakat tanpa diskriminatif

About these ads

Posted on Juli 4, 2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: